Synology DS920+, NAS 4-Bay Terbaik?

Synology DS920+ diperkenalkan pada pertengahan tahun 2020 untuk menggantikan Synology DS918+ yang sudah rilis sebelumnya. Seperti apa kemampuan dan fitur yang disematkan ke NAS entry-level 4-bay ini? Berikut poin poin penting yang perlu anda ketahui sebelum membeli Synology DS920+.

1. Drivebay yang aman, mudah, dan expandable

Synology DS920+ meskipun berdimensi cukup kecil, mampu memuat 4-drivebay untuk HDD berukuran 3,5 Inch. Selain itu untuk menunjang kemampuan upgrade yang lebih baik, Synology DS920+ juga mampu ditambahkan sebuah expansion unit sehingga dapat menjadi satu kesatuan NAS dengan 9-drivebay. Jumlah drivebay yang  lebih banyak juga dapat membantu memberikan opsi RAID tambahan baik untuk meningkatkan kecepatan maupun meningkatkan keamanan. Fitur menarik lain yang perlu digarisbawahi adalah drivebay dari DS920+ mampu dipasang dengan HDD dengan form factor 3,5mm tanpa menggunakan bantuan peralatan tambahan atau disebut tool-less drivebay, sayang sekali fitur ini tidak berlaku untuk pemasangan HDD/SSD dengan form factor 2,5mm. Meskipun begitu, sekrup untuk pemasangan HDD/SSD dengan form factor 2,5mm sudah disertakan dalam paket penjualan. Sebagai tambahan fitur keamanan, drivebay pada Synology DS920+ juga dapat dikunci sehingga dapat menghindarkan akses yang tidak diinginkan seperti jangkauan dari anak-anak.

2. Dapur pacu yang mumpuni untuk transfer data hingga transcoding 4K Video

Synology DS920+ dibekali prosesor quad core Intel Celeron J4125 dengan clock maksimal hingga 2,7 GHz. Dibanding dengan pendahulunya yaitu DS918+ yang disertai dengan prosesor quad core Intel Celeron J3455 dengan clock maksimal yang hanya 2,3 GHz, DS920+ memberikan peningkatan kecepatan yang cukup baik. Sangat disayangkan Synology masih belum menyertakan prosesor Intel Core Series ke seri DS920+ ini. Meskipun hanya menggunakan prosesor Intel Celeron J4125, penggunaan prosesor dengan arsitektur x86 memungkinkan penambahan banyak fitur seperti dukungan untuk file system BTRFS, kemampuan hosting Virtual Machine, dan bahkan kemampuan untuk transcoding video di Plex Media Server hingga resolusi 1080p FullHD dan 4K UltraHD!

3. Upgradeable performance

Tidak hanya mampu meningkatkan kapasitas drivebay dengan expansion unit, Synology DS920+ juga dibekali beberapa fitur tambahan untuk meningkatkan performanya lebih jauh lagi. Yang pertama adalah slot RAM, Selain 4GB yang sudah terpasang Synology juga memberikan tambahan berupa 1 slot yang dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas RAM dari DS920+. Akan tetapi meskipun memiliki slot RAM tambahan, kapasitas maksimal yang mampu diakomodasi oleh prosesor dari DS920+ terbatas di kapasitas 8GB saja.

DS920+ juga dibekali dengan 2 slot NVMe M.2 SSD untuk membantu meningkatkan kecepatan pembacaan data dengan teknologi data cache. Sayangnya, kedua slot tersebut memang hanya terbatas untuk data cache dan tidak dapat diakses secara langsung. Untuk melakukan upgrade baik ke slot memory RAM maupun ke slot NVMe M.2 SSD dapat dilakukan dengan mudah tanpa menggunakan peralatan tambahan (tool-less) seperti pada pemasangan HDD 3,5mm yang sudah disebutkan sebelumnya.

4. Hanya memiliki 2 port Gigabit Ethernet

Salah satu hal yang kami sayangkan dari Synology DS920+ adalah kedua port ethernet yang tersedia hanya memiliki kecepatan maksimal 1 gigabit. Infrastruktur jaringan dengan kecepatan 2,5 gigabit memang masih belum banyak ditemui di Indonesia. Akan tetapi ketersediaan fitur ini menurut kami cukup penting untuk menunjang performa DS920+ dalam penggunaan jangka panjang. Mengingat perangkat perangkat elektronik keluaran tahun 2020 sudah mulai mengadopsi 2,5 gigabit ethernet. Synology memang memberikan solusi berupa protokol link aggregation yang dapat menggabungkan kedua port menjadi satu untuk mencapai kecepatan 2 gigabit. Akan tetapi fitur ini hanya dapat diakses dengan apabila terdapat perangkat manageable network switch saja.

5. Ringkas dan Senyap

Dengan dimensi 166 mm x 199 mm x 223 mm, Synology DS920+ memiliki ukuran yang cukup ringkas untuk NAS dengan kapasitas 4-bay. Hal ini memang harus dibayar dengan penggunaan komponen penyuplai daya yang terpisah dari fisik DS920+. Tetapi, disisi lain desain seperti ini memungkinkan NAS beroperasi dengan lebih dingin dan senyap karena salah satu sumber panas utama adalah komponen penyuplai daya. Komponen penyuplai daya terpisah juga memungkinkan penggantian yang lebih mudah apabila terjadi kerusakan pada komponen penyuplai daya.